Perairan Jakarta Tercemar Sampah Sachet Unilever, Indofood dan Wings

- Minggu, 19 Juni 2022 | 13:04 WIB
Ecoton temukan dominasi sampah plastik milik  korporasi besar seperti Wings dan Mayora (Dok.Ecoton)
Ecoton temukan dominasi sampah plastik milik korporasi besar seperti Wings dan Mayora (Dok.Ecoton)

HALLO PURWASUKA, JAKARTA - Ecoton tuntut produsen sachet ikut membersihkan sampah sachet yang cemari perairan Jakarta.

Kegiatan Brand Audit yang dilakukan oleh berbagai Lembaga di Perairan Jakarta pada Minggu 12 Juni hingga minggu 19 Juni 2022 menunjukkan bahwa sachet PT Unilever mendominasi cemaran sampah sachet diperairan Jakarta disusun oleh Indofood, Wings, Santos Jaya dan Mayora.

Kegiatan Brand audit dilakukan oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP)yang melakukan Brand audit di Kepulauan Seribu di kawasan Pulau rambut, sedangkan di Muara Angke, Muara baru dan Muara Kali Adem dilakukan oleh River Warrior.

Kegiatan Brand Audit lainnya yang melibatkan banyak komunitas dilakukan di Kali Ciliwung segmen Jembatan TB Simatupang hingga Condet.

Baca Juga: Gerindra-PKB Ajak Parpol Lain Gabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Sampel sampah sachet yang diambil pada tiap lokasi minimal 500 lembar sampah yang mengapung dibadan air, terjerat diranting atau batang pohon ataupun yang berada di pantai dan terpendam dibantaran tepi sungai.

“untuk mengambil sampah yang terapung di badan air kami harus menggunakan perahu dan jarring untuk menangkap sampah terapung, cara lain yang kami lakukan adalah memvideo sampah-sampah yang mengapung” ungkap Aeshnina Azzahra Aqilani.

Lebih lanjut koordinator River warrior ini menjelaskan bahwa kegiatan Brand Audit dilakukan untuk mengetahui produsen yang paling banyak menimbulkan pencemaran di perairan Jakarta.

GIDKP menemukan bahwa sampah sachet` Indofood paling banyak ditemukan di Pulau Rambut.

”Jenis sampah indomie paling banyak ditemukan sepanjang kegiatan clean up pulau rambut yang kami lakukan minggu 12 Juni 2022,” ujar Rahyang Nusantara.

Halaman:

Editor: Yudi Aulia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X