Mandi Malam Justru Memberi Banyak Manfaat Kesehatan

- Jumat, 26 November 2021 | 05:45 WIB
dr. Vito Anggarino Damay, Sp JP, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. (Indo Trends - Pikiran Rakyat)
dr. Vito Anggarino Damay, Sp JP, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. (Indo Trends - Pikiran Rakyat)

HALLO PURWASUKA - Selama ini banyak orang yang meyakini mandi malam akan dapat menyebabkan sakit, terutama rematik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Ahli Kesehatan menyatakan bahwa mandi malam tidak ada hubungannya dengan rematik. Mandi malam justru memberikan banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh.

Menurut dr. Vito Anggarino Damay, Sp JP, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah sebenarnya tidak ada hubungannya antara mandi di malam hari dengan penyakit rematik. “Justru ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika kita mandi malam,” kata Vito melalui akun Instagramnya, Kamis, 25 November 2021.

Namun, jika menggunakan air dingin di malam hari, Vito menyarankan untuk mengetahui kondisi tubuh, apakah saat ini sedang sehat atau sakit, mengetahui suhu udara saat itu, hingga suhu air.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Sangat Penting, Vaksin Hanya Mengurangi 40 Persen Penularan Covid-19 Varian Delta

“Baiknya jangan gunakan air yang terlalu dingin untuk mencegah kedinginan dan demam,” katanya. Lalu, berikut ini disampaikan daftar manfaat mandi di malam hari.

1. Membantu Anda Tidur Lebih Cepat dan Berkualitas

Mandi malam, terutama menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan cepat mengantuk. “Khususnya, untuk Anda yang sibuk seharian hingga susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal, mandi malam menggunakan air hangat bisa mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku.

2. Membantu Mengurangi Stres

Stres menjadi salah satu pengganggu tidur di malam hari. Apalagi setelah Anda melakukan aktivitas padat seharian, pikiran Anda mungkin lebih rentan dilanda stres yang bisa mengganggu tidur Anda. Ternyata mandi di malam hari akan merangsang produksi senyawa endorphin dan noradrenalin dalam tubuh, yang manfaatnya serupa dengan obat anti depresan sehingga membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang.

Halaman:

Editor: Ahmad Jauhari

Tags

Terkini

Ramalan Bintang Hari Ini, Cek! Apa Kata Zodiak Anda

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:29 WIB

Tips 5 Cara Atur Makan Agar Panjang Umur

Sabtu, 27 November 2021 | 05:35 WIB

Mandi Malam Justru Memberi Banyak Manfaat Kesehatan

Jumat, 26 November 2021 | 05:45 WIB
X