WHO Ingatkan Kemunculan Gelombang Baru Covid-19, Ini Faktanya

- Senin, 20 Juni 2022 | 16:21 WIB
Petinggi WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus Menyebutkan Korban Jiwa Karena Covid-19 di Seluruh Dunia Hingga 4 Maret 2022 Mencapai Hampir 6 Juta Jiwa. (Piliran Rakyat)
Petinggi WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus Menyebutkan Korban Jiwa Karena Covid-19 di Seluruh Dunia Hingga 4 Maret 2022 Mencapai Hampir 6 Juta Jiwa. (Piliran Rakyat)

HALLO PURWASUKA, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO kembali mengingatkan soal kemunculan gelombang baru Covid-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Hal itu diutarakan Tedros dalam Pertemuan Pertama Menteri Kesehatan Negara G20 di Hotel Marriot, Sleman, Yogyakarta, Senin 20 Juni 2022.

Tedros mengatakan penanganan pandemi Covid-19 di dunia terus mengalami kemajuan. Namun, ia khawatir banyak orang menganggap pandemi virus corona sudah benar-benar mereda hingga melonggarkan protokol kesehatan.

Tedros khawatir banyak orang memiliki persepsi "sesat" yang menganggap pandemi corona sudah reda saat ini lantaran jumlah kasus positif Covid-19 turun.

Baca Juga: Buruan! BRI Buka Lowongan Kerja Simak Posisinya, Siapa Tahu Cocok

Padahal, tren kasus virus corona yang turun itu tak terlepas dari fakta frekuensi pengujiaan dan pengurutan genome virus di beberapa negara yang ikut menurun drastis.

"Penularan sedang meningkat di banyak negara, termasuk negara beberapa dari anda (delegasi peserta G20) ini tak terlepas dari kenyataan bahwa pengujian dan pengurutan (genome) telah menurun tajam," kata Tedros dalam rapat Menkes Negara G20 di Yogyakarta, Senin (20/6).

Tingkat pengujian dan pengurutan untuk pelacakan virus ini, menurut Tedros, menurun secara signifikan di seluruh dunia.

"Dan 40 persen dari populasi dunia masih belum tervaksinasi. Sementara risiko kemunculan varian virus baru dan lebih berbahaya tetap tak bisa dipungkiri. WHO sangat khawatir bahwa kurangnya pengujian dan pengurutan ini membutakan kita terhadap evolusi virus," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Yudi Aulia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X